Jumat, 24 April 2015

                                                   ELECTRONIC BUSINESS                          

A.  Definisi E-Business
E-business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan-dapat berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi dan peningkatan produktivitas dan profit.
Berdasarkan definisi e-business yang dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam definisi e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang yaitu: pelaku e-business, alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatanyang menjadi sasaran, tujuannya dan keuntungan yang diberikan. Hasilnya adalah sebagai berikut :
1.    Pelaku E-business :
Ø Organisasi
Ø Konsumen
Ø Perusahaan
Ø Supplier
Ø Pekerja dan rekan bisnis
2.    Alat/Media/Sumber Daya yang digunakan
Ø Teknologi informasi dan komunikasi
Ø Komputer(data yang telah terkomputerisasi)
Ø Internet
3.    Kegiatan Sasaran
Ø Kegiatan bisnis
Ø Proses bisnis utama
Ø Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
4.    Tujuan
Ø Koordinasi, komunikasi dan pengelolaan organisasi
Ø Transformasi proses bisnis
Ø Sharing informasi
5.    Keuntungan
Ø Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
Ø Memberikan nilai bisnis yang berbeda
Ø Efisien
Ø Peningkatan produktivitas dan keuntungan

B.  Manfaat E-Business
Tujuan implementasi e-business adalah mendukung efisiensi dan integritas pengolahan data sumber daya manusia, keuangan, supply chain management / Logistic management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, system ini dapat diakses di mana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat implementasi e-Business adalah :
Ø Meningkatkan kerja operasional perusahaan,
Ø Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas.
Ø Meningkatkan efisiensi perusahaan
Ø Mempermudah pengelolaan asset perusahaan
Ø Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan
Ø Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
Ø Mengatasi kesenjangan digital
Ø Media mempromosikan kompetensi perusahaan
Ø Memperlancar kegiatan ekonomi
Ø Memperlancar transaksi bisnis
Ø Sarana penyebaran informasi secara luas dll.

1.    Manfaat Lain Bagi Organisasi
Ø Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan internasional, sehingga dapat menjangkau pelanggan yang cukup luas, memilih pemasok terbaik, dan menjalin mitra bisnis yang paling sesuai.
Ø Menekan biaya dokumentasi.prosedur, penyimpanan dokumen berbasis kertas
Ø Dapat mengcreate produk baru dengan cepat
Ø Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajement rantai nilai yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan teknik just in time dalam system stock order
Ø Memungkinkan perusahaan untuk menekankan mass customization terhadap produk dan jasa
Ø Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk
Ø Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
Ø Menekan biaya telekomunikasi
Ø Pencitraan perusahaan akan meningkat
Ø Layanan pelanggan lebih baik
Ø Biaya-biaya transportasi semakin murah
Ø Menemukan mitra bisnis yang baru dan lebih sesuai.

2.    Manfaat Bagi Konsumen
Ø Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi setiap saat 24 jam dan dari seluruh tempat
Ø Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada konsumen
Ø Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bisa berbelanja dibanyak tempat dengan waktu yang cepat
Ø Dalam produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real time
Ø Memungkinkan pelanggan memperoleh informasi relevan dan rinci dalam satuan detik
Ø Memungkinkan pelanggan berinteraksi dangan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar informasi
Ø Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.

3.    Bagi Masyarakat
Ø Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanja, sehingga kemacetan dan polusi udara dapat berkurang
Ø Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga lebih murah, sehingga mudah terjangkau oleh banyak masyarakat
Ø Memungkinkan masyarakat di Negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa yang relative langka di tempat tinggalnya.

C.      Faktor-faktor penyebab kegagalan E-business
Ø  Penerapan e-business tidak diikuti change management
Ø  Tidak profesionalnya vendor tekhnologi informasiyang menjadi mitra bisnis
Ø  Buruknya infrastruktur komunikasi
Ø  Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan
Ø  Adanya masalah keamanan dalam berinteraksi
Ø  Kurangnya dukungan financial
Ø  Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang berinteraksi.

0 komentar:

Posting Komentar